Vantablack Material Terhitam Di Bumi, Ini 7 Contoh Penampakannya

Vantablack adalah bahan yang dikembangkan oleh Surrey NanoSystems di Inggris Raya dan merupakan salah satu zat paling gelap yang diketahui, menyerap hingga 99.965% cahaya tampak (pada 663 nm jika cahaya tegak lurus dengan bahan).

Tidak ada batasan dalam penggunaannya dan tidak ada kontrol ekspor, tetapi memerlukan pelatihan spesialis dan lingkungan penyemprotan profesional agar berhasil diterapkan.

Nama ini adalah portmanteau dari akronim VANTA (Vertically Aligned Nanotube Arrays) dan Black (Hitam).

Vantablack terdiri dari hutan tabung vertikal yang “tumbuh” di atas substrat menggunakan proses pengendapan uap kimia yang dimodifikasi. Ketika cahaya mengenai Vantablack, alih-alih memantul, ia terperangkap dan terus menerus dibelokkan di antara tabung, akhirnya diserap dan menghilang menjadi panas.

Vantablack adalah peningkatan dari zat serupa yang dikembangkan pada saat itu. Vantablack menyerap hingga 99,965% cahaya tampak dan dapat dibuat pada 400 ° C (752 ° F).

NASA sebelumnya telah mengembangkan zat serupa yang tumbuh pada suhu 750 ° C (1.380 ° F), sehingga diperlukan bahan yang lebih tahan panas daripada Vantablack.

Tingkat keluarnya gas dan partikel Vantablack rendah dibandingkan dengan zat serupa, yang membuatnya lebih layak secara komersial. Vantablack juga memiliki ketahanan yang lebih besar terhadap getaran mekanis, dan memiliki stabilitas termal yang lebih baik.

Perkembangan awal dilakukan di National Physical Laboratory di Inggris;  istilah “Vanta” diciptakan beberapa waktu kemudian. Array nanotube sejajar vertikal dijual oleh beberapa perusahaan, termasuk NanoLab, Santa Barbara Infrared dan lainnya.

Nama Vantablack adalah merek dagang dari Surrey NanoSystems Limited, dan telah direferensikan dalam tiga paten yang terdaftar di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Sebagai salah satu bahan tergelap, Vantablack memiliki banyak aplikasi potensial, seperti mencegah cahaya menyimpang memasuki teleskop, dan meningkatkan kinerja kamera inframerah baik di Bumi maupun di luar angkasa.

Vantablack juga dapat meningkatkan penyerapan panas pada material yang digunakan dalam teknologi tenaga surya terkonsentrasi, serta aplikasi militer seperti kamuflase termal. Emisivitas dan skalabilitasnya mendukung berbagai aplikasi.

Vantablack S-VIS, cat semprot yang menggunakan tabung nano karbon yang disejajarkan secara acak dan hanya memiliki daya serap tinggi di pita cahaya tampak, telah dilisensikan secara eksklusif ke studio Anish Kapoor untuk penggunaan artistik.

Pabrikan mengklaim bahwa Vantablack tunduk pada kontrol ekspor oleh Inggris, dan karena persyaratan fisik dan karakteristik termalnya, Vantablack asli tidak praktis untuk digunakan dalam banyak jenis karya seni.

Vantablack VBx2, varian dari Vantablack VBx non-nanotube yang dioptimalkan untuk penyemprotan area luas, digunakan di “paviliun Vantablack” di Olimpiade Musim Dingin 2018.

BMW meluncurkan konsep X6 dengan cat Vantablack di Frankfurt Auto Show pada September 2019; Namun, perusahaan tidak berencana memproduksi warna pada model produksi X6.

Produsen jam tangan mewah Swiss H. Moser & Cie telah menggunakan teknologi ini pada jam tangan mereka.

Musisi Prancis Gesaffelstein menggunakan Vantablack VBx2 sebagai bagian dari dekorasi panggungnya selama penampilannya di Coachella 2019

SPECIAL PROJECT

MOBIL BMW X6

bmw x6 vantablack

Untuk peluncuran BMW X6 2019, klien ingin melakukan sesuatu yang sangat berbeda. Hal itu dilakukan dengan mengusung tema camoflaging. Mereka ingin menciptakan mobil paling hitam di dunia karena akan benar-benar unik, dan sesuatu yang telah dibahas di media sosial sejak peluncuran pertama Vantablack pada tahun 2014.

Konsep BMW Vantablack pertama dirancang oleh Christophe Koenig, Juru Bicara untuk model BMW X. Dia pertama kali mengusulkan idenya pada tahun 2018 dan butuh lebih dari 10 bulan untuk membuahkan hasil.

“Pikiran saya untuk memiliki Vantablack BMW kembali ke persiapan peluncuran BMW X2. Kembali ke hari-hari kami ingin memiliki lukisan siluman, tetapi kami tidak dapat mewujudkannya. Oleh karena itu, saya sangat senang kami dapat melakukannya pada mobil yang lebih besar, yang membuat efeknya menjadi lebih menakjubkan ”.

Christophe Koenig

Selama proses pengembangan, tim Surrey NanoSystems dan Levitation 29 bertemu dengan Hussein Al Attar, perancang X6 yang membantu mendeskripsikan DNA pada inti desain mobil.

Secara internal, kami sering menyebut BMW X6 sebagai “The Beast”. Saya pikir itu menjelaskan semuanya. Finishing Vantablack VBx2 menekankan aspek ini dan membuat BMW X6 terlihat sangat ‘mengancam’.

Selain itu, BMW X6 selalu menjadi model paling provokatif dan paling menarik dalam portofolio kami. Jadi mengapa tidak menekankan hal ini lebih jauh, dengan hasil akhir yang hanya memikat perhatian pemirsa? Lagipula, itulah BMW X6 sejak dulu. Vantablack VBx2 membuka kemungkinan baru bagi kami sebagai desainer.

Kami sering kali lebih suka berbicara tentang siluet dan proporsi daripada permukaan dan garis. Lapisan Vantablack VBx2 melatarbelakangi aspek dasar desain otomotif ini, tanpa gangguan dari cahaya dan pantulan

Hussein Al Attar

GESAFFELSTEIN

GESAFFELSTEIN

Untuk pertunjukan langsung pertama Gesaffelstein sejak 2015, serta penampilan langsung pertamanya untuk mendukung album baru Hyperion, ‘pangeran gelap techno’ ingin membenamkan kerumunan di Coachella 2019 dalam pertunjukan yang secara sonik dan visual tak terlupakan.

Penampilannya di Coachella menjadikannya artis pertama yang menggunakan Vantablack VBx2 dalam pertunjukan live.

Set Gesaffelstein menampilkan desain monolit, sisi cekung dari bangunan berpemandangan indah setinggi 40 kaki dilapisi dalam VBx2 untuk menciptakan ilusi kegelapan dan kedalaman tak terbatas, yang menyimulasikan lubang hitam di atas panggung.

Surrey NanoSystems, Production Resource Group (PRG), LIVE NATION FRANCE, dan LEVITATION 29 berkolaborasi erat dalam desain untuk memaksimalkan efek lapisan super-hitam.

Direkayasa di Eropa, disemprotkan di New York dan diuji di Las Vegas; struktur monolit otomatis, yang mengingatkan pada pusaran, terbuka untuk memperlihatkan dinding otomatis lainnya dalam LED resolusi tinggi dan dinding terang yang menyembunyikan tiang lampu yang kokoh.

Pada penampilan Coachella, kontras terang dan super gelap begitu intens sehingga penonton kesulitan untuk memotretnya, Gesaffelstein tampak mengapung di atas monolit Vantablack.

Dalam pertunjukan yang beresonansi di ruang antara audio dan visual, terobosan baru untuk musik live, penonton benar-benar tenggelam dalam pengalaman itu.

Gesaffelstein adalah seniman yang luar biasa dan berpikiran maju. Ketika dia dan manajernya datang kepada kami dengan ide membawa teknologi Vantablack ke pertunjukan langsung untuk pertama kalinya, kami langsung senang dengan tantangan tersebut. Bekerja dan merancang set siaran langsung yang inovatif dengan semua tim di SNS, Levitation 29, dan PRG merupakan pengalaman yang unik.

Matthias Leullier dari Livenation France

KOREAN 2018 WINTER OLYMPICS

korean 2018 winter olympic

Olimpiade Musim Dingin Korea 2018 banyak diliput oleh pers tentang hubungan antara Utara, Selatan dan Amerika Serikat.

Di dunia di mana sulit untuk menangkap imajinasi publik dengan iklan mobil yang sangat dipoles, Hyundai Motor Company memutuskan untuk membuat sesuatu yang benar-benar unik – The Worlds Blackest Building – mewakili jendela alam semesta kita untuk masa depan bertenaga hidrogen dalam transportasi otomotif.

Dirancang oleh arsitek Inggris pemenang penghargaan Asif Kahn, bangunan itu akan dibangun di sebelah stadion Olimpiade yang digunakan untuk upacara pembukaan.

Karena perjanjian lisensi sebelumnya, Hyundai Motor Company tidak diizinkan untuk mengiklankan mobil di Olimpiade rumah mereka sehingga mereka beralih ke Asif Kahn dan Surrey NanoSystems untuk menciptakan apa yang akan menjadi yang pertama di dunia.

Tim teknis Surrey NanoSystems bekerja sama dengan Asif Khan dan Hyundai dan mengirim tim teknis untuk melapisi gedung di Korea Selatan.

Bekerja di lingkungan yang sangat keras dan dengan tenggat waktu proyek yang sangat ketat, proyek ini dilakukan tepat waktu dan anggaran dan menghasilkan sesuatu yang benar-benar unik yang menangkap imajinasi publik di seluruh dunia.

BLACK OPS 4

vanta black black ops 4

Pada Oktober 2018, Activision ingin menandai peluncuran global Call of Duty®: Black Ops 4 dengan pengalaman arsitektur unik yang terbuka secara eksklusif untuk influencer dan media.

Pertama di dunia, Vantablack VBx2 digunakan untuk melapisi setiap dinding internal dan eksternal ruang permainan unik yang dijuluki Black Ops House. Dan Bunting dari Treyarch berkata: “Sebagai pembuat game, kami selalu mencari warna hitam sejati” di dalam rumah, secara praktis semua cahaya alami diserap – menciptakan ruangan paling gelap di dunia.

The Black Ops House, dirancang oleh arsitek Asif Khan, studio desain pemenang penghargaan yang berbasis di London, melihat para gamer pertama kali berjalan di ‘dermaga’ sepanjang 40 meter yang menciptakan kesan berjalan ke dalam kehampaan yang gelap gulita.

Pintu geser terbuka untuk menampilkan PlayStation 4 Pro dan monitor, membenamkan pemain dalam pengalaman gameplay yang unik. Bermain dalam kegelapan memungkinkan Anda menenggelamkan semua indra lain yang benar-benar membenamkan Anda dalam game.

Mengomentari proyek tersebut, Asif Khan berkata: “Seperti banyak generasi saya, saya tumbuh bermain game di rumah, dengan ruang tamu dan TV sebagai pemandangan default, tetapi di sini kami memiliki kesempatan untuk menata ulang seluruh pengalaman indrawi game.

Kami meningkatkan persepsi pemain tentang ruang dan waktu, dari saat mereka melangkah ke jalan setapak hitam, ke pintu yang muncul entah dari mana, hingga kemudian diselimuti dalam kehampaan yang tak terbatas ‘.

Dan Bunting menambahkan bahwa bekerja dengan Surrey NanoSystems dan Levitation 29 dalam proyek ini adalah ‘kesempatan sempurna bagi kami untuk bermitra dengan seseorang yang benar-benar dapat memamerkan game dalam kontras, semangat, dan warna sepenuhnya’.

Tamu istimewa termasuk bintang sepak bola Dele Alli dan pemberi pengaruh video game diundang dalam acara pers dua hari untuk bermain Black Ops 4 di ruangan paling gelap di dunia dan untuk mengalami efek surealis dari kegelapan tak terbatas.

Pengalaman bermain yang unik ini meningkatkan keseruan gameplay ke tingkat yang benar-benar baru – sesuatu yang pasti akan melekat pada mereka untuk waktu yang akan datang.

Reaksi mereka ditangkap oleh kru film dan diberikan kepada mereka sebagai aset yang dapat mereka posting secara online.

THE ONE SHOW

vantablack the one show

Tim peneliti BBC “The One Show” telah membaca tentang Vantablack dan ingin menampilkannya di acara prime time tepat sebelum wawancara mereka dengan komedian AS Jack Black. Karena sulit untuk menyampaikan konsep ‘kegelapan’ kepada pemirsa TV, mereka memutuskan untuk memfilmkan fitur pendek tentang pelapisan, cara pembuatannya, dan kaitannya dengan bahan lain yang kami anggap hitam.

Untuk mendemonstrasikan performa uniknya dengan sangat baik, kami memutuskan untuk membuat patung perunggu 3D berlapis Vantablack dari pemindaian wajah Marty Jopson yang dilaporkan BBC Science.

Hasilnya spektakuler, dan cukup memukau untuk melihat seperti apa edit photoshop kehidupan nyata di depan mata Anda. Topeng tersebut kemudian ditampilkan di galeri ANTENNA CONTEMPORARY SCIENCE di Museum Sains London dan sekarang dapat dikenali di seluruh dunia karena dibagikan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan reddit.

ANGKASA LUAR

Lapisan Vantablack Surrey NanoSystems digunakan untuk memfokuskan cahaya yang menyimpang dalam sistem optik, dan untuk kalibrasi benda hitam sistem kamera IR. Pelapis efektif pada rentang spektral UV hingga mendekati milimeter (THz).

Surrey NanoSystems melapisi dan merakit suku cadang untuk instrumen luar angkasa di fasilitasnya di Inggris.

Mengapa menggunakan lapisan vantablack kami di luar angkasa?

Lingkungan luar angkasa memiliki banyak tantangan yang cukup signifikan bagi para perancang instrumen optik dan sistem kamera, karena tingginya tingkat polusi cahaya dari matahari, bulan, dan bumi. Tantangan ini diperparah oleh lingkungan operasi yang tidak bersahabat dan kerasnya peluncuran.

Bobot peluncuran paket instrumen dan ukurannya juga merupakan pertimbangan penting. Mengurangi ukuran dan berat penyekat atau sistem kalibrasi dimungkinkan oleh tingkat penyerapan cahaya pelapis kami yang luar biasa dari semua sudut, dan emisivitasnya yang sangat tinggi di seluruh spektrum IR.

OPTIK dan SISTEM LENSA

vantablack sistem optik

Meningkatkan Performa Lensa dalam Kondisi Pencahayaan Sulit

Perkembangan sensor digital resolusi tinggi telah menghasilkan sistem optik dan lensa terkait menjadi hal yang lumrah di hampir setiap lapisan masyarakat.

Resolusi, ukuran dan kepekaan sensor ini telah meningkat sejauh kinerja sistem sekarang ditentukan oleh seberapa baik masukan yang tidak diinginkan dapat ditolak.

Struktur penyekat dan lapisan penyerap telah digunakan untuk menolak cahaya menyimpang yang tidak diinginkan, tetapi karena aplikasi baru menuntut kinerja yang semakin tinggi, solusi lama sangat dibutuhkan.

Vantablack S-VIS adalah lapisan yang dioptimalkan dengan spektrum tampak yang sesuai untuk dudukan lensa plastik atau logam yang digunakan dalam rakitan lensa modern.

Reflektansinya yang sangat rendah pada rentang spektrum yang luas tak tertandingi, memastikan penekanan optimal dari cahaya yang menyimpang di hampir semua sistem optik.

Pelapisan menghilangkan flaring, eksposure berlebih, dan ghosting yang dihasilkan dari cahaya yang menyimpang, menghasilkan gambar dengan kontras lebih tinggi dan kualitas lebih tinggi yang memanfaatkan rentang dinamis penuh sensor.

Demikian pula dalam optik proyeksi, kontras full-on / full-off dimaksimalkan untuk memastikan pengalaman pengguna terbaik.

Pelapis diterapkan di fasilitas produksi kami di Inggris atau, di mana integrasi manufaktur diperlukan, di fasilitas Anda setelah transfer teknologi.

Pelapis diterapkan di fasilitas produksi kami di Inggris atau, di mana integrasi manufaktur diperlukan, di fasilitas Anda setelah transfer teknologi.

Sumber

https://www.surreynanosystems.com/

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments