Lewati ke konten utama
  1. Posts/

Pengalaman Pertama Servis Motor di Planet Ban

·782 kata
Coretan servis
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi
Daftar isi

Berawal dari Penasaran
#

Sebelum mencoba servis di planet ban, saya sudah membaca postingan beberapa blogger yang kelihatannya serempak membuat tulisan yang kurang lebih tentang “hal-hal yang perlu di perhatikan ketika servis motor” semua tulisan mereka diarahkan ke planet ban.

Tulisan tersebut bersifat persuasif, akhirnya saya tergerak untuk mencoba servis di planet ban, berekpektasi tinggi terhadap apa yang mereka tulis di blog mereka.

Saatnya Mencoba
#

Saat sudah masuk jadwal servis motor akhirnya saya mendatangi planet ban.

Saat sudah sampai lokasi, saya langsung bertanya.

“A antri gk?”

“Oh ngga a.” jawab teknisinya.

Sebenarnya itu pertanyaan yang ngga perlu ditanyakan juga, karena memang disitu ada 2 motor yang sedang dibongkar, yang 1 akan diganti bearing/laher ban depan, dan satu lagi belum rampung di servis.

1 teknisi fokus men-service motor customer dan yang 1 lagi men-service plus merangkap sebagai kasir.

Ekpektasi Saya Terlalu Tinggi
#

Sambil menunggu, saya berkeliling area planet ban dan menemukan tulisan seperti ini “servis cvt + throttle body = 39.000”, dan banyak tulisan lain berisi paketan servis beserta harganya.

Servis murah hanya 39 ribu
Source: Redaksi kbeonline.id

Itu harga yang cukup murah.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya motor revo saya masuk juga ke pit service.

Setelah saya tahu throttle body “hanya” dibersihkan lewat lubang filter udara menggunakan cairan khusus saya penasaran dan tidak bisa menahan diri untuk bertanya.

“A kok ngga dibongkar throttle bodynya?”

“Oh kalau di planet ban emang gini a, cuma disemprot pake cairan khusus. Kalau saya sih bisa aja kalau mau bongkar, tapi itu pelanggaran” jawab teknisi.

Pantes harganya murah, saya pikir bakal dibongkar throttle bodynya.

Sepertinya ekspektasi saya melebihi tarifnya ๐Ÿ˜‚ pantas saja value yang di dapat ngga sesuai.

Sebab tingginya ekpektasi saya adalah adanya tulisan ditambah gambar pendukung tentang perbandingan ketika service throttle body di planet ban dengan service di tempat lain.

Service motor rasa mesin baru
Source: KOMPAS.com/Fathan

Kondisi throttle body ketika selesai servis di planet ban bersih kinclong seperti motor baru, dibandingkan dengan kondisi throttle body di tempat servis lain yang masih terlihat kotor.

Walaupun saya juga sih yang keliru, berharap dibongkar dengan harga yang rendah. Tapi saya yakin ada kok bengkel yang mau bongkar dengan harga segitu.

Sebenarnya ada detail harga yang ditulis, tapi karena sekarang era matic jadi yang tertera harga untuk motor matic.

Tapi karena saya motor manual, jatuhnya di Rp 89.000 untuk servis lengkap tanpa oli.

Selain Oli X-Ten Tidak Boleh
#

Oiya saya baru tahu juga membawa oli sendiri selain merek yang sudah bekerjasama dengan planet ban juga tidak diperbolehkan, itu termasuk pelanggaran, juga ada CCTV yang diarahkan langsung ke area pit servisnya.

FYI oli yang bekerjasama dengan planet ban adalah X-Ten, oli ester berkualitas tinggi dan harganya juga cukup murah, hanya kisaran 40 ribuan.

Mengapa oli dengan tingkat ester bisa lebih murah dibandingkan merek lain?

Karena oli dikirim langsung dari pabriknya secara eksklusif ke planet ban, sehingga rantai distribusi sangat pendek menjadikan oli X-ten bisa murah dengan spek yang cukup tinggi.

Tidak Fleksibel
#

Menurut saya servis di planet ban kurang begitu fleksibel, karena untuk minta bongkar throttle body saja tidak bisa, dan itu termasuk pelanggaran.

Yang kemudian membuat saya penasaran apakah bisa maksimal jika hanya dibersihkan lewat lubang filter udara menggunakan cairan khusus.

Saya mencoba mencarinya informasi di google tentang berbagai macam servis throttle body ternyata ada 2 cara yang saya ketahui,

pertama: lewat lubang filter udara.

kedua: bongkar throttle body lalu dibersihkan.

Nah, menurut gridoto salah satu blog tentang dunia otomotif, membersihkan throttle body menggunakan cairan carbon cleaner yang disemprotkan lewat lubang filter udara tidak membersihkan keseluruhan throttle body, tidak sampai ke sela-sela throttle body,

Jika kebiasaan membersihkan throttle body lewat lubang filter udara menggunakan cairan carbon cleaner juga bisa beresiko merusak komponen yang berbahan karet, akan menyebabkan karet menjadi getas.

Membongkar throttle body itu cukup penting untuk dilakukan secara berkala, walaupun tetap saja tidak perlu dilakukan setiap kali servis.

Tergantung dari jarak yang ditempuh dan area yang dilalui. Semakin kotor area yang dilalui maka semakin mudah kotor juga throttle body motor kamu, walaupun memang ada faktor lain yang bisa mempengaruhi, contohnya filter udara.


Kesimpulan
#

Kesimpulan saya setelah servis di planet ban ini rasanya kurang fleksibel untuk faktor servis motor, walaupun mereka menyediakan part-part motor yang kebanyakan adalah part untuk motor matic, tapi untuk urusan bongkar mesin mereka tidak bisa karena kebijakan.

Bisa jadi karena layanan tersebut hanya sampingan, hal utama yang dijual adalah ban, sesuai dengan namanya. PLANET BAN.

Saya sendiri sepertinya tidak akan pernah lagi servis disini lagi karena kurang fleksibel.

Tapi jika ingin mengganti ban, planet ban bisa dijadikan rekomendasi karena alat yang tersedia juga sudah memadai dan sudah tentu jenis ban yang tersedia cukup lengkap dengan berbagai macam merek.

Itulah sedikit tulisan tentang pengalaman saya servis pertama kali di planet ban. CMIIW ๐Ÿ˜

Gimana pengalaman kamu servis di planet ban?