Lewati ke konten utama
Bearblog, Platform Blogging Yang Sedang Nge-trend

Bearblog, Platform Blogging Yang Sedang Nge-trend

·322 kata
Blogging
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi

Pada saat ini ada banyak layanan yang memudahkan kita untuk membuat website dan blog, sebut saja blogspot dan wordpress yang banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Saat ini yang sedang nge-trend di para user threads yaitu bearblog, platform blogging yang jauh lebih simpel dan minimalis dibandingkan wordpress dan blogspot.

  1. Daftar
  2. Atur nama domain
  3. Pilih tema
  4. Menulis

Ya sesederhana itu menggunakan platform bearblog, simpel bukan?

Mungkin kamu perlu mempelajari hal baru, yaitu menulis dalam format markdown. Mudah kok, ada banyak tutorial di google dan bisa dipelajari juga pada dokumentasi platformnya.

Platform ini gratis dan memiliki opsi upgrade ke fitur premium.

Ini fitur yang kamu dapatkan ketika kamu upgrade, yaitu:

  • Custom domain
  • Unggah gambar
  • Analitik yang lebih detail
  • Menambahkan javascript
  • Menambahkan kode ke dalam elemen footer dan head
  • Menghapus logo Bear

Jika tetap pada layanan gratis, maka tidak akan mendapatkan semua fitur premium yang sudah disebutkan diatas, cuma bisa menulis dan analitik yang sederhana ditambah bakal ada embel-embel bearblog.dev di belakang nama domain yang dibuat.

Ketika tujuannya hanya menulis dan menganggap mengunggah gambar itu tidak begitu penting, berarti layanan gratis sudah cukup.

Menurut saya gambar dalam artikel cukup penting, apalagi ketika ingin menunjukkan sesuatu yang memang perlu untuk ditampilkan.

Tulisan seputar tutorial misalnya, kadangkala perlu disisipkan gambar untuk mendukung tulisan, sehingga kebutuhan pembaca terpenuhi dan apa yang disampaikan oleh penulis juga bisa tersampaikan secara sempurna.

Mungkin karena keterbatasan pada layanan gratisnya maka saya melihat beberapa orang yang memiliki platform blogging di bearblog memiliki website lain pada platform yang berbeda, karena memang bearblog ini mengutamakan kata-kata.

Fitur Premium Bearblog
Fitur Premium Saat Upgrade

Sangat cocok untuk curcol maupun sebagai jurnal harian 😅 karena platform bearblog hampir tidak ada maintenance bahkan bisa dibilang tidak ada, tidak seperti wordpress yang banyak printilan yang membuat kita terdistraksi dari hal yang penting, yaitu menulis artikel.

Menurut saya harga yang ditawarkan terbilang cukup lumayan, kecuali dia ‘minimalist enthusiast’ pasti akan ambil yang versi premiumnya 😁

Mana nih diantara kalian yang sudah menggunakan bearblog?