Lewati ke konten utama

Kesalahan Yang Saya Lakukan Saat Membuat Blog

·491 kata
Blogging
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi
Daftar isi

Saat ini menulis menjadi cara untuk sekedar meluapkan emosi atau bahkan menjadi hal yang sangat berguna untuk orang lain.

Akan tetapi para blogger pemula dan ini terjadi pada diri saya sendiri, seringkali melakukan sesuatu yang membuang-buang waktu dan melupakan hal yang terpenting yaitu menulis artikel.

Inilah beberapa list kesalahan yang saya lakukan dan buat kamu yang masih melakukannya coba kurangi pelan-pelan

Suka Gonta-ganti Tema
#

Saya seringkali melakukannya, apalagi sewaktu saya menggunakan wordpress, awalnya saya mencoba menggunakan tema GeneratePress yang terkenal sangat ringan, seiring berjalannya waktu akhirnya tergiur juga dengan tema berbayarnya.

Setelah beberapa lama menggunakan tema tersebut saya menemukan tema gratis lainnya yang fiturnya cukup berlimpah dibandingkan dari tema GeneratePress yaitu Blocksy akhirnya saya pindah dan saya menggunakan tema ini cukup lama.

Dan suatu ketika saya bergabung ke grup telegram yang isinya “iuran” untuk membeli tema ataupun plugin berbayar dan kebetulan ada puluhan orang yang ingin tema blocksy berbayar akhirnya saya ikutan untuk iuran.

Harga temanya lumayan mencapai Rp 2.500.000, kenapa cukup mahal?

Karena tema ini bisa diinstall di unlimited website dan waktu itu yang ikutan iuran kurang lebih 22 orang, silahkan hitung sendiri berapa rupiah yang dikeluarkan untuk tiap orangnya.

Saya menggunakan tema berbayar dan pada saat ini saya tidak lagi menggunakannya karena sekarang saya menggunakan Hugo.

Waktu dan uang terbuang demi tampilan yang lebih menarik.

Sayang sekali.

Tema yang baik itu yang penting responsif, tulisan mudah dibaca dan memiliki navigasi yang baik. Cukup

Terlalu Sering Mengecek Google Analitik
#

Setiap kali publish artikel saya langsung membagikan artikel di fanspage saya berharap page view bisa meningkat instan.

Padahal tidak semudah itu, apalagi blog yang dibuat masih baru dan jarang update artikel ditambah lagi kurang berbobot isi artikelnya, butuh usaha lebih untuk menaikkan page view.

Yang terpenting belajar lebih banyak untuk meningkatkan kualitas tulisan dan kuantitas jika memang artikelnya butuh penjelasan yang mendetail.

Jika itu sudah dilakukan masih banyak lagi yang harus dilakukan agar pageview bisa naik;

  • Share ke grup yang berkaitan dengan isi konten
  • Update rutin dan terjadwal
  • SEO on page
  • dan lainnya

Ya, artikel untuk menaikkan page view banyak bertebaran di mbah google atau bisa langsung cek saja panduanim ada banyak artikel berbobot yang bisa kamu praktekkan.

Cek Google Adsense Tiap Saat
#

Untuk kamu yang sudah terdaftar google adsense dan page view masih kecil jangan berharap bisa dapet rupiah besar dari sini, kecuali jika artikelnya berbahasa inggris atau kontennya fokus di teknologi atau tentang keuangan misalnya, ya walaupun tetap saja tidak bisa mengalahkan blog berbahasa inggris.

Ngga perlu cek tiap saat google adsense kamu, tetap kembali ke poin yang sudah dibahas, bikin artikel yang berkualitas saja dulu, itu kata para master blogging, setelah itu baru bisa berharap rupiah besar di suatu hari nanti.

Dan yang terpenting jangan sampe karena rupiah yang ingin didapat lebih besar, blog kamu berubah menjadi papan iklan.

Manjakan pembaca dengan isi konten kamu yang berkualitas bukan dengan iklan yang bejibun.


Mari kita menjadi blogger yang produktif dan tinggalkan hal yang kurang bermanfaat.

CMIIW.