Lewati ke konten utama

Inilah Dompet Digital Yang Sering Saya Gunakan

·427 kata
Teknologi opini
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi

Buat kita sebagai anak muda nggak asing dengan yang namanya dompet digital, yang populer itu Dana, Ovo, Shopeepay dan Gopay.

Diantara banyaknya dompet digital, saya lebih enak menggunakan DANA.

Karena menurut saya lebih hemat dalam biaya administrasi saat top up dan free transfer ke bank manapun.

Tetap ada batasannya, top up 3x (di alfamart) dan free admin transfer 10x dan satu bulan.

Kalau menggunakan mobile banking -saya menggunakan BSI, entah bank lain berapa- biaya adminnya hanya 500 rupiah setiap kali top up.

Ya walaupun ada promo yang ngga begitu kurang terpakai, promo yang ada hanya bisa digunakan di lokasi tertentu dan biasanya di kota besar saja, kurang begitu digunakan jika di tempat terpencil. Mending promonya ke arah diskon pulsa atau token listrik, pasti lebih sering terpakai ๐Ÿ˜

Kenalan istri saya pernah kehilangan uang di Dana, 1 jt nominalnya, waktu di cek ternyata ada riwayat transferan ke nomor dana lain atau rek orang lain yang tidak dikenal.

Padahal di empunya Dana ngga pernah kenal siapa nomor atau rek tujuan, apalagi sampai transfer.

Bisa jadi pernah korban pishing, entah gimana caranya bisa masuk perangkap. Tapi yang pasti hati-hati aja soalnya namanya dompet digital kan ngga ada bank fisiknya yang bisa komplain, lagian kalau udah kena pishing salah kita juga kok ๐Ÿ˜‚

Makanya saya juga tidak pernah menyimpan uang dalam jumlah banyak di DANA, paling cuman numpang ’lewat’ saja. Numpang transfer ke bank lain biar ngga kena biaya admin, mwehehe.

Walaupun kadang suka was was juga, namanya celah keamanan pasti ada aja. Semoga ngga akan terjadi lagi kepada siapapun deh.

Balik lagi deh ke judul, saya sering menggunakan dana ini buat beli pulsa, kuota internet dan beli token listrik kadang juga buat transfer saat membeli barang di tokopedia.

Fitur E-Wallet Dana
Layanan di Aplikasi Dana

Kalau kita lihat gambar diatas ada banyak sekali layanan yang tersedia, jadi 1 aplikasi bisa multifungsi.

Sebenarnya alasan lainnya karena teman teman saya juga mayoritas menggunakan Dana juga, jadi kalau kalau lagi butuh uang non-tunai, yaa tinggal pinjam saja dan diganti secara tunai.

Tapi saya yakin sih, diantara kamu juga banyak yang gunain Dana, iya kan?

Simpel sih analisanya, liat aja di play store, berapa kali diunduh aplikasinya.

Dana 100 juta unduhan, sedangkan Gopay 10 juta unduhan.

Entah kalau di appstore iPhone berapa kali.

Walaupun yaa sekali lagi, jarang banget ada promo. Seriusan pelit banget ngasih promo, haha. Ya walau kadang kala suka ada promo pulsa.

Buat kamu yang belum punya aplikasi Dana, bisa kamu klik link download di bawah ini.

Download Dana

Tenang aja ini bukan link pishing kok๐Ÿ˜ kalau ragu kamu bisa cari sendiri di playstore.