Lewati ke konten utama
Ketahui Performa Website Dengan 4 Tools Ini

Ketahui Performa Website Dengan 4 Tools Ini

·308 kata
Teknologi
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi
Daftar isi

Sebuah website harus memiliki tampilan yang menarik dan konten yang berbobot agar pembaca betah berlama-lama untuk terus membaca blog kita, apalagi blog yang biasanya memiliki banyak konten berupa teks sampai video.

Tapi jika website menarik akan tetapi lambat saat diakses itu menjadi sebuah masalah yang lumayan krusial.

Karena bisa jadi calon pembaca kamu akan meninggalkan blog kamu karena lelet saat diakses.

Maka dari itu saya akan menyebutkan beberapa situs untuk membantu kamu mengecek kecepatan dan performa dari website, agar kamu mengetahui apa yang perlu diperbaiki agar website/blog kamu bisa diakses dengan cepat.

Penasaran bagaimana cara mengecek kecepatan sebuah website? Ini dia daftarnya.

Gtmetrix.com
#

Situs ini bisa memberikan informasi yang cukup detail berkaitan tentang website yang kamu intip performanya, dari mulai performa, struktur, waterfall dan ringkasannya.

GTMetrix

Webpagetest.org
#

Pada website ini kamu bisa lebih spesifik mensimulasikan pada merk ponsel tertentu, jadi hasil bisa menyesuaikan dengan tipe ponsel yang dipilih.

Hasil yang ditampilkan juga cukup detail dengan metode yang berulang, dan bagaimana hasil akhir saat website diakses berulang kali.

Sebenarnya disitus ini bukan hanya untuk mengecek performa situs saja tapi juga ada tools lain yang berkaitan tentang website juga

Web Page Test

Bytecheck.com
#

Pada website ini hanya untuk mengetahui berapa lama waktu ping antar server yang terjadi dan total waktunya akan direkap.

Hasilnya bisa berbeda tergantung dari kecepatan server yang kamu gunakan, hasil yang terbaik akan menghasilkan bintang 5 dan berwarna hijau.

Bytecheck

Pagespeed.web.dev
#

Website ini milik google maka hasil yang ditampilkan akan lebih akurat karena biasanya pengunjung menggunakan google.com untuk browsing sehingga menampilkan hasil yang lebih sesuai.

Pagespeed

Kita menginginkan website yang cepat saat diakses, tapi ada pengecualian jika website tersebut sengaja menampilkan banyak sekali gambar beresolusi tinggi, contoh nya portfolio fotografer.

Karena website akan memuat begitu banyak gambar yang HD (High Definition) sehingga membutuhkan banyak waktu untuk memuat semua gambarnya.

Soon akan saya bahas.