Lewati ke konten utama

Bikin Koneksi Internetmu Lancar Dengan Mengurangi Bandwidth Windows Update

·469 kata
Teknologi bandwith
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi
Daftar isi

Kamu pasti pernah merasakan internet kamu melambat atau komputer sedikit lemot karena terkoneksi dengan internet.

Bisa jadi memang koneksinya lemah atau ada banyak user yang terhubung dengan jaringan cukup banyak.

Saya disini bukan membahas untuk memperkuat koneksinya akan tetapi membahas sebab lain, yaitu karena bandwith kamu terambil alih oleh windows update dan bandwith yang diambil cukup besar.

Apakah kamu tahu apa itu bandwith ?
#

Bandwith adalah tingkat maksimum transfer data melintasi jalur yang diberikan. Bandwidth dapat ditandai sebagai bandwidth jaringan, bandwidth data, atau bandwidth digital.

Bandwidth berfungsi sebagai pembatas pengiriman data, maka bandwidth akan bekerja untuk membatasi pengiriman data sebanyak yang sudah ditentukan

Dalam kasus windows update, maka windows akan menggunakan jaringan internet kamu yaitu Wi-Fi, untuk mendownload pembaharuan.

Karena bandwidth internet kamu digunakan untuk update windows kamu, maka tidak bisa dipungkiri data yang seharusnya kita gunakan maksimal untuk berinternet ria akan tetapi malah digunakan untuk windows update.

Memang windows berupaya dalam melakukan pembaharuan pada windows kamu agar keamanan dan fiturnya bisa bertambah, tapi disini kita mencoba untuk mengatur besaran bandwidth yang nanti digunakan untuk windows update.

Bandwidth internet yang kita miliki harus teralokasikan dengan baik, kita harus membagi dengan windows update yang seringkali mengunduh pembaharuan tanpa kita ketahui karena biasanya berjalan di belakang layar.

Baiklah langsung kita praktekan saja.

Bagaimana agar bandwidth bisa diatur sedemikian rupa agar internet tidak melambat saat ada pembaharuan yang tidak kita duga ?

Buka windows update kamu, lalu pilih delivery optimization
#

Lalu pilih advanced options

Pilih percentage of measured bandwidth
#

Pada opsi ini berfungsi untuk mengatur persentase bandwidth untuk windows update

  1. Pada opsi yang pertama yaitu Limit how much bandwidth is used for downloading updates in background yaitu batas maksimal bandwidth yang digunakan saat ada windows update, dan akan terjadi di belakang layar.
    Kita ceklis dan atur berapa persen bandwidth yang ingin kita gunakan untuk proses tersebut.
  2. Dan opsi nomor yang kedua yaitu batas maksimal bandwidth yang digunakan saat kamu membuka aplikasi windows update.
    Kamu ceklis juga pada opsi ini.

Oiya perhatikan bandwidth kamu.

Contoh, jika kamu menggunakan internet dengan bandwidth 2 mbps dan mengatur opsi pertama di 50 %

Maka internet yang kamu miliki akan digunakan untuk update windows, yaitu setengah dari bandwidth kamu akan digunakan untuk mendownload pembaharuan windows, yaitu 1 mpbs.

Begitu pula yang opsi kedua.

Maka tentukan berapa persen bandwith yang kamu butuhkan untuk pembaharuan windows.

Maka dari itu gunakan pengaturan ini dengan bijak, jika kamu seringkali menggunakan internet untuk berselancar di internet apalagi saat lebih sering digunakan untuk video conference.

Jadi aturlah persentase yang tidak terlalu besar, dikhawatirkan saat kamu sedang melakukan browsing tiba-tiba kita tidak sadar bahwa ternyata ada update dan pembaharuan, sehingga mengambil bandwidth yang cukup besar dan mengganggu kegiatan kamu di dunia maya.

Silahkan gunakan internet dengan bijak yaaa..:)

Selamat mencoba, kalau masih ada yang belum dipahami silahkan tulis di kolom komentar