Lewati ke konten utama

Pola Pikir Akan Negatif Jika Kamu Belum Melakukan 3 Tips Ini

·645 kata
Coretan opini
Jundi Mubarok
Penulis
Jundi Mubarok
Menulis Kisah, Membagikan Inspirasi
Daftar isi

Dalam melakukan kegiatan, pola pikir akan mempengaruhi kesehatan mental sehingga menjadi penting di setiap lini kehidupan kita, menentukkan pula apa yang akan kita lakukan berikutnya.

Pola pikir yang positif harus dibentuk dari diri kita sendiri, dan tidak mungkin orang lain yang melakukannya. Tidak perlu bukti ilmiah, bahkan hampir setiap orang pasti pernah merasakan efek dari pola pikir.

Salah satu contohnya efeknya yaitu: susah untuk melangkah maju, waktu terbuang sia-sia, bahkan tubuh bisa menjadi lemas lantaran tenaga terserap habis oleh pola pikir yang negatif.

Mengutip dari mayoclinic

Berpikir positif bukan berarti kita mengabaikan situasi hidup yang kurang menyenangkan. Berpikir positif berarti bahwa kita mendekati ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif, berpikir bahwa yang terbaik akan terjadi, bukan yang terburuk.

Pola pikir juga berkaitan erat dengan prasangka kita, saat prasangka kita sering positif maka pola pikir kita juga akan positif. Pada akhirnya akan menjadi karakter dan kepribadian kita.

Ada 3 tips yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan pola pikir yang positif:

Melatih Rasa Syukur
#

Di dalam agama islam ada hadits yang berbunyi:
“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Ya, seringkali kita lupa bahwa nikmat sehat dan waktu luang merupakan sebuah anugerah besar.

Karena mayoritas kita mudah terlena dengan nikmat sehat dan waktu luang, sehingga lupa bahwa sehat dan waktu luang itu bagian dari peluang besar untuk kita bersemangat melakukan perbuatan baik.

Masih banyak diantara kita yang belum bisa bersyukur dan memang perlu latihan yang kontinu untuk melatih rasa syukur.

Syukur itu bukan hanya mengucapkan ‘Alhamdulillah’ saat kita mendapat nikmat, tapi melakukan hal yang positif dengan potensi yang kita miliki saat ini.

Salah satu manfaat yang akan dirasakan oleh seseorang ketika bersyukur adalah hati dan pikiran menjadi lebih lega, sehingga beban hidup seperti berkurang.

Jadi, Apakah kamu sudah bersyukur hari ini?

Mengubah Cara Berpikir Tentang Stress
#

Stress merupakan suatu kondisi normal yang sebenarnya wajar dialami oleh setiap orang.

Saat kita sedang stress cobalah kita belajar menumbuhkan pola pikir optimis dan fokus pada hasil yang positif.

Dengan cara itu akan menjadikan stress yang kita punya menjadi pembelajaran supaya kita bisa lebih baik dan lebih kuat serta memberikan efek positif pada kesejahteraan emosional dan juga fisik.

Jadi perlu untuk beradaptasi dalam kondisi stress yang dialami dalam kehidupan keseharian.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat stress; menonton film kesukaan, mendengarkan musik atau sekedar bercerita ke orang terdekat supaya lebih plong!

Bagaimana, sudah bisa mengendalikan stress yang sedang kamu alami?

Self Talk Positif
#

Setiap hari kita melakukan yang namanya self-talk, cara kita berbicara kepada diri sendiri, atau suara hati. Kita mungkin tidak sadar bahwa sedang melakukannya.

Self talk ini bisa berimbas kepada pikiran sadar kita, bahkan bisa menjadi kenyataan karena self talk yang kita lakukan.

Nah, karena self-talk ini begitu berpengaruh kepada pikiran sadar, maka kita perlu mengurangi self talk yang bersifat negatif dan memulai untuk mencoba self-talk yang positif atau afirmasi.

Dilansir dari kabar24 bisnis

Afirmasi adalah kata-kata positif yang digunakan untuk memberikan penegasan kepada diri sendiri. Kata-kata positif ini bisa dicerna oleh otak secara langsung. Kemudian menginstruksikan otak agar sudut pandang dan pikiran kita berubah menjadi lebih baik dan selalu positif.

Contoh self talk negatif yang perlu kita ubah jadi afirmasi

NegatifAfirmasi
Saya belum pernah melakukannya sebelumnyaIni adalah kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru
Ini terlalu sulitSaya akan mencoba untuk menyelesaikannya dengan cara yang berbeda
Tidak mungkin itu akan berhasilSaya akan mencoba membuatnya supaya berhasil

Memang mudah bagi yang terbiasa afirmasi tapi sulit bagi kamu yang masih suka self talk negatif, jadi perlu latihan.

Coba tulislah kata-kata afirmasi di dalam sebuah kertas catatan, yang bisa dibaca setiap kali kamu akan melakukan aktifitas, seperti di layar komputer atau pintu kulkas.

Nah, sudah mulai terbayang kan bagaimana cara afirmasi?


Jadi itulah 3 tips untuk merubah pola pikir kita supaya semakin baik.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semuanya😁