Kalian pasti sudah merasakan bagaimana hidup di generasi Z ini yang semuanya serba digital, semua yang biasa diakses secara langsung bisa juga diakses secara digital hampir di seluruh aspek kehidupan kita, tidak terkecuali Al-qur’an.

Saya akan berikan tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi ini sehingga dimanapun kamu bisa membaca Al-qur’an dengan mudah, tentunya di tempat yang suci jika ingin membacanya.

Berikut cara penginstalan sampai aplikasi siap digunakan

Pemasangan Aplikasi

  • Download aplikasi quran for android di play store, ada banyak aplikasi yang serupa jadi lihatlah ratingnya 4,8 dan telah di download lebih dari 10 juta kali.

  • Setelah kamu membuka aplikasinya maka akan disarankan untuk mendownload berkas klik saja YA ini akan mendownload berkas sekitar 80 mb, ini adalah berkas pendukung termasuk font arab dan belum termasuk terjemahannya.

Pengaturan Awal

  • Bila kamu perlu terjemahan bahasa indonesia atau bahasa lainnya, kamu bisa klik titik 3 diatas kanan dari aplikasi lalu pilih setelah dan scrool kebawah lalu pilih terjemahan

  • Sebagai opsional kamu bisa mendownload berbagai macam suara dari syaikh terkenal jika kamu menginginkannya. masuk ke setelan lalu pilih pengelola audio dan kamu bisa pilih audio mana yang ingin kamu download

Pengaturan Lanjutan

  • Jika kamu menginginkan quran dengan terjemahan langsung dibagian bawah teks qurannya silahkan klik icon yang saya lingkari

  • Setelan tampilan:
    Mode bahasa arab akan mengaktifkan antarmuka dalam bahasa arab.
    Latar baru jika kamu aktifkan opsi ini maka akan menampilkan background putih terang dan jika dinonaktifkan akan menggunakan background kekuningan.
    Mode malam jika diaktifkan maka otomatis bacground menjadi gelap dengan font terang, bisa juga mengatur kecerahan teks pada toggle bawahnya.

  • Setelan pembacaan:
    Tipe halaman terdapat 3 tema dalam tampilan quran pilihlah sesuai selera.
    Tampilkan informasi halaman ini akan aktif otomatis hilangkan centang untuk menghilangkan informasi halaman seperti nama surat dan nomor juz.

  • Beberapa setelan lain yang bisa kamu pelajari sendiri

Bagaimana pengalamanmu menggunakan aplikasi ini, apakah sesuai dengan ekspektasi ?