Kebiasaan Yang Perlu Kamu Hindari Agar Laptop Tetap Awet

Terkadang kita suka mengabaikan banyak hal yang akibatnya laptop kita jadi suka error atau bahkan rusak dan minta jajan spare part.

Jangan sampai deh hal ini terjadi pada laptop kamu. Kecuali jika spare part laptop kamu sudah seharusnya diganti karena sudah berumur atau terjadi kecelakaan.

Karena itu kita harus bisa menjaga barang-barang kita tetap awet, salah satunya laptop dan bisa digunakan sampai beberapa waktu kedepan.

Apa saja sih penyebab laptop cepat rusak ?

Jangan Letakkan Laptop Di Kasur!

Hal pertama yang seringkali diabaikan oleh kita selaku user laptop yang mager, hehe.

Meletakkan laptop diatas kasur dapat menyebabkan bagian bawah laptop lebih cepat panas karena dibagian bawah laptop biasanya terdapat lubang-lubang untuk sirkulasi udara.

Kalau kita meletakkan laptop diatas kasur maka laptop akan ‘tenggelam’ dan lubang sirkulasi udara akan terhambat atau bahkan tertutup, yang mengakibatkan laptop overheat atau panas yang berlebih, yang bisa berakibat fatal pada komponen laptop jika kebiasaan buruk ini tidak kamu hentikan.

Memang sebagian laptop ada yang tidak memiliki lubang pembuangan udara panas ini.

Akan tetapi tetap saja menghasilkan panas dan akan tersalurkan melalui cover bawah dari laptop tersebut, dan harus punya ruang untuk dapat aliran udara.

Kamu harus meletakkan di tempat yang keras, seperti meja lantai dan sebagainya, agar lubang-lubang sirkulasi udara tidak tertutup.

Kalau kamu memaksa tetap di kasur kamu bisa menggunakan meja kecil yang banyak dijual di online shop dan biasanya ada tambahan kipas pendingin di bagian bawahnya.

Meletakkan Benda Berat Diatas Laptop

Meletakkan benda berat diatas laptop akan berakibat tekanan berlebih pada layar LCD, dan lambat laun akan berakibat buruk pada LCD yang cepat rusak.

Mungkin ada pengecualian yaa…untuk laptop yang berstandar militer biasanya sudah tahan suhu ekstrem bahkan bantingan sekalipun.

Untuk laptop kelas ini cocok banget tuh buat orang-orang yang kadang sembrono dan agak kasar atau kepengen punya laptop yang tahan banting agar lebih tenang jika suatu saat tidak sengaja jatuh dari ketinggian.

Jadi, jangan malas bersihkan mejamu saat ingin meletakkan benda-benda berat yaa..jangan sampai laptopmu jadi ‘korban’.

Awas, Kopimu Terlalu Dekat Dengan Laptop!

Buat para mahasiswa, programmer, atau yang sedang menekuni bidang lain, yang mengharuskan kamu begadang menggunakan laptop buat ngejar deadline. mesti engga jauh-jauh dari yang namanya laptop bukan?

Minum secangkir kopi dan ngemil biar makin kuat melek semalaman.

Tapi awas yaa jangan sampai terlalu dekat dengan laptop kamu, kalau lagi ngantuk dan engga sengaja tersengggol sampai akhirnya tumpah ke keyboard! engga mau kan ampas kopi kamu masuk ke dalam motherboard?

Melepas Baterai Laptop Saat Mengecas

Benarkah melepas baterai saat mengecas laptop bisa memperpanjang usia baterai?

Ya, karena baterai jadi jarang sekali terpakai, sehingga laptop langsung tercolok ke sumber listrik.

Jangan lakukan itu pada laptopmu saat mengecas karena baterai pada laptop selain untuk menyimpan daya, juga berfungsi agar listrik yang masuk ke laptopmu stabil dan mengurangi lonjakan listrik yang berlebih.

Hindari Kebiasaan Menggeser Laptop

Jujur. saya sendiri kurang begitu suka tiba tiba digeser, bukannya diangkat.

Biasanya terdapat karet dibagian bawah laptop yang terletak di keempat sudut laptop.

Karet dibagian bawah laptop berfungsi agar laptop tidak mudah bergeser di tempat yang miring dan juga memudahkan saat kita bekerja.

Saat tiba-tiba laptop digeser secara ‘kasar’ sebenarnya muncul perasaan sedikit kesal, karena karet itu bisa lepas karena akan bergesekan langsung dengan

Kalau karet itu sudah lepas maka laptop kamu mudah tergeser dan mengganggu pekerjaan kamu tentunya.

Jadi jika kamu ingin memindahkan laptop, lebih baik diangkat daripada harus digeser agar lebih awet tentunya.

Memaksa Kinerja Laptop “Kentang”

Laptop dengan spesifikasi rendah hanya bisa digunakan untuk penggunaan yang ringan saja, contohnya, bekerja dengan microsoft office, browsing dengan sedikit tab, dan mendengarkan musik.

Jangan sampai memaksa laptop dengan spesifikasi dual core untuk mengedit video menggunakan adobe premier, memang bisa tapi mungkin hasilnya akan sangat kurang memuaskan karena spesifikasi kurang mendukung.

Laptop akan mudah panas karena memaksa kinerja VGA dan CPU yang membuat laptop kamu mudah panas, jika terus berlanjut sangat mungkin umur laptop akan lebih cepat berkurang.

Jadi, pastikan laptop kamu digunakan sesuai dengan kekuatan yang bisa diterima oleh laptop agar awet dan tahan lama.

Menginstall Aplikasi Tidak Penting

Coba kamu lihat list aplikasi di menu Start, apakah banyak aplikasi yang sebetulnya tidak kamu perlukan disana?

Bisa jadi itu yang membuat laptop kamu lemot, karena beberapa aplikasi tetap menggunakan sumber daya walaupun tidak sedang digunakan atau bisa disebut juga Backgroud Proccess.

Uninstall aplikasi yang jarang sekali kamu pakai agar laptop kamu tetap lancar saat digunakan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments