9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren

Belajar di pesantren menjadi salah satu cara agar terbiasa dengan pola hidup lebih disiplin dengan bimbingan asatidz yang akan membimbing kita untuk betah di dalam lingkungan yang lebih baik, insyaallah.

Ada kekhawatiran dengan kondisi lingkungan yang berbeda dan tentunya harus ada kesiapan untuk tinggal di pesantren.

Beberapa tips di bawah ini semoga bisa membantu kamu agar bisa lebih betah saat kamu di pesantren

Perbaiki Niat Kamu

perbaiki niat kamu

Pada poin pertama ini sangat penting loh, kalau niat kamu engga diperharui setiap harinya, bikin kamu merasa engga nyaman dan bahkan engga betah.

Maka dari itu kamu harus memulai niat kamu yang tulus, memang sulit yaa sob…tapi yakinlah dengan niat kamu kuat karena untuk menuntut ilmu, akan menjadikan kamu lebih betah.

Jangan Menyendiri

tips betah, jangan menyendiri

Kamu bermasalah dengan yang satu ini? yaa tiap orang punya karakter masing masing.

Tapi cobalah untuk engga menyendiri, kalian gabung dulu aja. Kecuali kamu memang suka menyendiri.

Masih canggung juga? yaa coba deh kamu siapin makanan buat bantu suasana lebih cair. biar engga terlalu kaku

Kamu bisa mencoba menanyakan beberapa pertanyaan umum, seperti asalnya dari mana, atau lulusan dari sekolah mana.

Semoga dari pertanyaan umum tadi bisa memunculkan pertanyaan lain dari jawaban yang mereka berikan, dicoba dulu deh.

Cobalah Dekati Ustadz

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 1

Untuk kamu yang kepengen banget betah di pesantren cobalah untuk dekati asatidz yang berada di pesanten.

Mereka engga “serem” seperti yang kamu bayangkan kok, mereka akan menjadi orang tua saat kamu di pesantren.

Banyak keuntungan juga loh kalau kamu dekat sama asatidz,

Pertama, kamu akan dapat ilmu dari mereka
Kedua, kamu bisa betah karena ada yang terus mensupport kamu
dan tentunya masih banyak lagi keuntungan yang kamu dapatkan.

Engga ada ruginya kok.

Buatlah Kamar Senyaman Mungkin

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 2

Kondisi lemari dan kamar kamu juga sangat berpengaruh loh…kalau lemari berantakan mood kamu jadi jelek juga nanti, alih alih makin betah,

Kadang suka males kalau pengen beresin lemari tuh, iya gk sih,?

Kaos tergeletak diatas lemari, kasur atau matras masih berantakan.

Baju digantung disembarang tempat, Kasur dan bantal “berpulau” ditambah bau karena jarang dijemur, hehe…

hayo loh siapa yang kek gtu.?

kalau masih kayak gtu terus gmana mau betah, ayo dong bereskan kamarmu yaa..

Jangan Kebanyakan Jajan

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 3

Ini yang bahaya, karena engga ada yang mantau pengeluaran, terkadang kamu engga “peduli” sama isi dompet, jajan seenaknya, beli barang ini itu yang sama sekali engga penting.

Padahal akan banyak banget kebutuhan saat kamu di pesantren loh..

Tahan dulu deh keinginan jajan kamu yang lagi meningkat, mending kamu simpan untuk beli barang barang yang memang sangat kamu perlukan.

Manfaatkan Waktu Luang Kamu

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 4

Manfaatkan waktu sebaik mungkin…

Kamu harus bisa memenej waktu, karena kegiatan di pesantren lumayan padat

Disaat waktu kosong kamu harus mengambil peluang untuk mencuci baju, istirahat, buat baca buku yang bermanfaat, atau sekedar kumpul bareng teman-teman membahas sesuatu bermanfaat.

Dekati Teman Positif

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 5

Kalau kmu bertemen dengan penjual minyak wangi maka kamu akan terkena aroma minyak tersebut.

Nahh, kalau kamu punya kawan yang postif maka dekati ia, toh kmu juga bakal kena efek dari “wangi” nya temenmu itu, atau kebaikan darinya menular ke kamu.

Yang akhirnya kamu terbiasa berbuat baik sehingga mood kamu pun semakin baik dan betah di pesantren. cmiww

“Warnai” Teman negatif

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 6

Karena poin sebelumnya jadi kamu menjauhi teman negatif? Oh No, bukan seperti itu.

Justru kamu harus dekati mereka dan warnai mereka dengan cara-cara yang baik sehingga dia bisa berubah jadi positif.

Tentunya triknya berbeda di setiap orang, karena karakter tiap orang pasti berbeda.

Kamu Butuh Hiburan

9 Cara Agar Kamu Betah Saat Di Pondok Pesantren 7

Di setiap kegiatan rutinitas mestilah ada saatnya kita merasa jenuh, kita akan mencari hal-hal yang menarik atau melakukan sesuatu untuk mengurangi rasa penat.

Kamu orang yang selalu bekerja tanpa butuh hiburan? sepertinya kamu bukan tipe yang seperti itu deh, hehe…

Kamu bisa mencoba bermain futsal, atau sekedar menggambar, yaa apapun itu yang bisa kamu lakukan untuk menghibur diri kamu.

Ata kamu lakukan hoby kamu selama di pesantren apapun itu, yang penting positif.


Nah beberapa tips diatas semoga bisa membantu kamu dalam menghadapi kekhawatiran yang muncul di benak, tentunya membuat diri kamu menjadi lebih betah,

Sekarang ane mau tanya…

Apa hal yang menjadikan kamu lebih betah di pesantren? kamu bisa menambahkannya di kolom komentar… 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments