Sangat Membantu! Inilah 10 Fitur Telegram Yang Sangat Menarik

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang merupakan pesaing Whatsapp. Walaupun telegram diluncurkan setelah whatsapp atau bisa dibilang lebih muda, akan tetapi menurut saya fitur di telegram ini sangat menarik dan jauh lebih banyak dibandingkan whatsapp.

Aplikasi ini memiliki segudang fitur menarik dan juga aman, bahkan diklaim lebih “safe” dibandingkan aplikasi whatsapp, saat ini telegram memiliki sekitar 400 juta pengguna dan terus bertambah tiap tahunnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyebutkan 11 fitur telegram yang menarik dan tentunya sangat membantu kamu dalam berkomunikasi.

Animasi Pada Emotikon dan Stiker

Jumlah emotikon di telegram sangat banyak ada sekitar 20.000 emotikon yang dibuat dalam 5 tahun terakhir dan akan terus diperbaharui.

Sebagian dari emotikon ini memiliki animasi unik dan akan terus diperbanyak dan diperbarui. Kamu bisa langsung mencoba aplikasi ini jika penasaran.

Selain emotikon, stiker di telegram juga ada banyak sekali karakter dan ber-animasi unik, tentunya ini sangat memanjakan kamu bagi pengguna telegram dalam berkirim pesan dengan anggota keluarga maupun teman-temanmu.

Pesan Video

Selain fitur pesan suara yang biasa kita gunakan, telegram juga menyediakan fitur pesan video selama maksimal satu menit.

Untuk mengirim pesan video, buka chat manapun dan ketuk ikon mic untuk beralih ke mode kamera.

Lalu lakukan ketuk dan tahan ikon kamera untuk merekamnya, setelah selesai lepaskan tombol perekaman untuk mengirim pesan anda dan pesan video akan dengan segera terkirim.

Pesan video ini sangat cepat karena telegram mengompres dan mengirimnya bahkan saat kamu merekamnya.

Apakah kamu sudah tahu.
Kamu bisa menggeser jari kamu ke atas untuk mengunci rekaman dan terus berbicara tanpa menahan tombol?

Ya, ini mungkin sering kamu lakukan pada aplikasi whatsapp, dan ini juga berlaku pada telegram dan juga pesan videonya.

Saat kamu sedang melihat video ini, kamu bisa sambil membuka chat lain dan video yang kamu buka sebelumnya masih tetap terbuka atau floating (mengambang).

Statistik Channel

Jika kamu memiliki channel yang lebih dari 1000 subscriber, kamu dapat melihat rincian statistik tentang pertumbuhan dan kinerja postingan kamu disana.

Sinkronisasi Dengan Desktop

Telegram merupakan aplikasi multiplatform, sehingga chat kamu akan tersinkronisasi dengan telegram terinstall di PC/Desktop kamu.

Karena telegram yang terpasnag di PC/Desktop ada ruang ekstra yang lebih besar dibandingkan di layar smartphone, maka telegram menambahkan folder chat di bilah kiri agar eksplorasi chat kamu bisa lebih luas.

Arsip Chat

Mungkin saja kamu terganggu dengan banyaknya chat, jika kamu ingin menyembunyikan beberapa chat dari tampilan, coba saja kamu arsipkan.

Mengarsipkan pesan di telegram sangat mudah tinggal me-swipe ke arah kiri pesan manapun yang kita inginkan, maka pesan-pesan yang terarsipkan akan berada di bagian paling atas obrolan.

Sematkan “Unlimited”

Pada aplikasi WhatsApp kamu hanya diperbolehkan menyematkan 3 chat saja, sedangkan di telegram kamu bisa menyematkan berapapun chat yang kamu inginkan tanpa dibatasi, jadi kmu bisa melihat pesan prioritas mana yang ingin kamu lihat terlebih dahulu.

Kamu bisa melihat di sebelah kanan chat sudah ada icon yang menandakan pesan sudah disematkan.
Akan tetapi saat di daftar chat utama kamu tidak bisa menyematkan lebih dari 5 chat, kecuali di folder lain.

Folder Chat

Banyak pengguna yang mengandalkan telegram untuk bekerja dan juga belajar, apalagi dalam beberapa pekan terakhir ini. Untuk memastikan semua pesan penting bisa dibaca sesuai prioritas maka telegram membuat mengeluarkan fitur chat folders.

Jika terlalu banyak chat, kamu bisa memisahkan antara chat keluarga, kelas, ataupun pekerjaan. Kamu bisa menswipe antar tab untuk berpindah antar folder chat untuk mengakses chat apapun dengan cepat.

Unread Chat

Fitur yang saya rasa semua orang membutuhkan ini -mungkin- karena pesan yang belum kita baca akan berkumpul dalam satu tab sendiri, jadi bisa tahu pesan yang belum kita baca dengan cepat.

People nearby

People Nearby merupakan fitur cukup menarik, karena kamu bisa menemukan pengguna terdekat yang menggunakan telegram, dengan cara klik kontak lalu klik icon (+) dan aktifkan “people nearby” jangan lupa juga aktifkan lokasi, maka langsung tampil daftar kontak terdekat yang menggunakan telegram.

“Bullseye”

Walaupun bukan fitur bermanfaat tapi lumayan banget buat seru seruan, telegram dengan berbagai fitur luar biasa terbilang “niat banget” membuat fitur unik ini.

Kamu bisa mengirim stiker “dadu” dan “dart” ini secara berulang kali dan tunjukkan hasilnya kepada teman mu, entah untuk apa fitur ini yang pasti buat memanjakan penggunanya, toh hasil yang ditampilkan dari mengirimkan stiker ini bisa berbeda-beda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments